Senin, 02 Agustus 2010

Yang Baru di Baksos ini, K.H.I.T.A.N...

Baksos (bakti sosial) adalah kegiatan dimana kita diuji untuk sejauh mana kita mampu bersosialisasi dan sekaligus meringankan beban si objek baksos tanpa menyinggung perasaanya.... Setidaknya itulah hal-hal yang akan kita temui jika berbaksos dengan bertemu langsung dengan sang target..^^ Untuk kali ini, kami (4 orang dari PSPD 09) berkesempatan utk mengaplikasikan teori-teori sirkumsisi (khitan / sunatan) untuk pertama kalinya, LIVE DEMO!!





Acara ini sebenarnya adalah sebagai penutup dari kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) mahasiswa/i fak.tarbiyah&ilmu keguruan yang hendak menyelesaikan studinya... Klo di FK,  mungkin sama seperti co-ass di Rumah Sakit. Dilakukan oleh 5 organisasi (BEMJ Pendidikan Dokter, USMR, Ash-Shaff MUBA-Sumsel, KOMDA FKIK dan PMII). Saya sendiri mewakili KOMDA. Persiapan untuk acara ini cukup lama, sekitar 1 bulanan (namun baru kelihatan seriusnya sih, 3 minggu sebelum acara). ^^ Tiap organisasi dijatah untuk kira-kira 4 pasien. Saya sendiri beruntung karena bisa terlibat di semua lini. Mulai kami datang, saya langsung dapat tugas di posko kesehatan untuk pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi kesehatan (Alhamdulillah... Pasien2 dewasanya semua cukup kooperatif). Selesai disana, giliran dapat tugas sebagai asisten Operator 3 (on) pada sirkumsisi. Berikutnya, naik jadi asisten 2 (off) untuk anak yang kedua. Di jeda antara anak pertama & kedua, saya ikut partisipasi di sirkumsisi USMR, karena kakak-kakaknya disana mayoritas akhwat (hanya Operatornya saja yang ikhwan) & anaknya sangat hiperaktif, jadi... Apa salahnya membantu, iya ga?? Beruntung lagi karena di anak terakhir untuk KOMDA, saya dapat di posisi asisten 1 dengan Bang Aruma (FK `06) yang jadi operatornya.

Dilakukan di Ponpes K.H Muhyidin di daerah Bogor, perjalanan kesana sempat terasa "aneh" karena melewati tebing-tebing, tepi sungai, pokoknya mirip seperti kunjungan ke satwa liar... dan ternyata, kami memang nyasar (Fiuh...~_~"). Buat kawan-kawan sejawat sekalian, baksos2 seperti ini akan cukup sering diadakan. Saran iqi sih, ikutin aja semua alurnya... Toh, manfaatnya banyak. Namun tetap harus tau prioritas ya... Klo ada kegiatan yang terasa lebih penting, ya jangan coba2 merangkap acara di satu waktu, hasilnya nanti akan tidak maksimal. Sore dewa, mata....

Note:
1. BEMJ PD adalah organisasi yang mewakili aspirasi mahasiswa/i, sama lah seperti BEM2 pada umumnya, bedanya... Label Islam yang melekat pada kampus kami membuat kami terasa lebih Islami..^^

2. USMR (UIN Syahid Medical Rescue) itu badan kelengkapan BEM yang bergerak di bidang kedaruratan medis dan sekitarnya (ya gt lah...)

3.Ash-Shaff adalah tempat bernaung mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Sumsel atau MUBA (musi banyuasin), seperti organisasi yang terbentuk karena kesamaan sumber dana...hehe..

4. KOMDA (Komisariat Dakwah) adalah cabang dari LDK (Lembaga Dakwah Kampus) yang ada di fakultas, Allahu Akbar bgt lah pokoknya, mantap!!

5. PMII adalah sebuah organisasi ekstra-kampus yang bergerak di bidang keislaman pendidikan dan cukup aktif dalam kampus (biasanya mahasiswa Depag gabung disini..)

6. on = jika orang tersebut non-steril dan off = jika orang tsb steril

Tidak ada komentar:

Posting Komentar