Rabu, 21 Juli 2010

Problem Based Learning - Kasus Kertas

FK UIN, mempersembahkan...

Modul PBL...!!! Kawan2 di semester 1 nantinya akan pertama kali mengenal DK (Diskusi Kelompok), ya di modul ini. Mungkin dulu sudah sering diskusi-diskusi kasus waktu masih di SMP/SMA/Sederajat. Nah, bedanya kali ini adalah kita dituntut untuk dapat menjawab kasus yang klinis dengan mengandalkan "Langkah Branda". Langkahnya siapa tuh? Si Brenda? Eits, bukan. Ini memang lebih kompleks, tapi kalau dibiasakan, ini akan sangat membantu sekali terutama saat kita bingung mau dibawa kemana arah kasus tersebut. Yang jelas, teknis waktu di angkatan gw (2009) itu seperti gini.
  1. Cari Ruangan DK yang nyaman (emang ada yg ga nyaman?), Jawabannya banyak. Klo temen2 gw sih banyak yang rewel gara-gara ruangannya ga ada AC-nya. Padahal sebenernya ruangan-ruangan DK itu cuma disekat-sekat aja, Jadi AC ga terlalu ngaruh, tapi ya sudahlah...
  2. Tabahkan dirimu utk sempit2an di ruang DK karena 4X1,5meter diisi 11-12 orang + Fasil + Meja panjang + kursi2 + malah kadang2 ada kasurnya (Serius : >_< ). Gw yg ngetiknya aja dah sesek napas, apalagi kalian yg baca... ^^
  3. Tunggu / Jemput Fasilitator yg sudah disediakan, angkat, tiriskan, sajikan selagi hangat (LOh, jadi demo masak!!) Yah, pokoknya gitu.
  4. Trus, siapkan kertas panjang + spidol . Itu bisa diminta di ruangannya mas Yasin (Tokoh baru Nih! ^^) Yak, betul. Beliau adalah penjaga Skill lab di kedokteran UIN.
  5. Urutan solving problemnya kayak gini :
    1. Tentukan KeyWord dan Klarifikasi Istilah
    2. Tentukan Rumusan Masalah
    3. Tentukan Hipotesis
    4. Tentukan Analisis Masalah (Bagan Kasus)
    5. Tentukan Learning Issues (Soal2 terkait Analisis masalah)
    6. DK 1, selesai
    7. Di DK 2, masing2 mahasiswa menjabarkan hasil pencariannya terkait Learning Issues yg sudah diamanahkan padanya dengan power-point.
Selesai, Selamat Mencoba.
Kedokteran Pre-Klinik memang membosankan menyenangkan!!! ^^

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar